Kamis, 20 Mei 2021

Hari Kebangkitan Nasional, Seto Pesan Ke Warga Sinjai Semangat Gotong Royong




SINJAI, KNEWS - Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati setiap tanggal 20 Mei. Tahun ini, Harkitnas yang ke-113 jatuh pada hari ini, Kamis (20/5/2021). 

Harkitnas ke-113 kali ini mengankat  tema "Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh". Dimoment ini, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengucapkan selamat Hari Kebangkitan Nasional.

Dia mengatakan, sesuai dengan tema Harkitnas sebagai pengingat bahwa Kebangkitan Nasional dapat mengajarkan kita untuk selalu optimis dalam menghadapi masa depan.

Karena menurut ASA, bangsa yang tangguh tentu saja bisa menghadapi semua persoalan dan tantangan yang ada.

"Dengan tema tersebut, diharapkan dapat menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong royong untuk mempercepat pulihnya bangsa dari pandemi Covid-19," ujar ASA.

Hari Kebangkitan Nasional, kata dia, juga mengingatkan kita kepada semangat untuk bergerak sebagai bangsa, dengan tanpa memandang suku, agama, ras, dan golongan mana pun.

Sekedar diketahui, sejarah peringatan Hari Kebangkitan Nasional, dimulai pada 20 Mei 1948, dimana Presiden Soekarno menetapkan tanggal 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional.  

Tanggal 20 Mei diperingati sebagai Harkitnas berdasarkan tanggal berdirinya organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908.  

Adapun tujuan penetapan Harkitnas adalah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam memperkuat kepribadian bangsa, mempertebal rasa harga diri dan kebanggaan nasional, dan mempertahankan semangat persatuan dan kesatuan nasional. (Red/tn).

Sebelumnya
Selanjutnya