Sabtu, 22 Mei 2021

Jalankan Amanah konstitusi Perkoperasian, Pemda Apresiasi RAT PKPRI Sinjai



SINJAI, KNEWS - Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesi (PKPRI) Kabupaten Sinjai melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) tahun buku 2020, Sabtu (22/5/2021).

RAT yang berlangsung di Aula Pertemuan Hotel Rofina resmi dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai, Andi Ilham Abubakar mewakili Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA).

Atas nama Pemerintah Daerah, dia menyampaikan apresiasi kepada segenap pengurus pengawas serta manajemen serta seluruh anggota PKPRI Sinjai atas terselenggaranya RAT tersebut.

"Sejatinya, RAT bagi sebuah koperasi adalah merupakan hal mutlak yang harus dilaksanakan karena merupakan amanah konstitusi perkoperasian dimana rat merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan koperasi," ungkap Ilham.

Dikatakan bahwa, RAT juga merupakan implementasi dan semangat yang harus hidup dalam koperasi yakni, asas kekeluargaan sebagai institusi pengambilan keputusan tertinggi dalam RAT.

"PKPRI Sinjai sebagai badan usaha yang berasaskan kekeluargaan adalah satu satunya koperasi sekunder merupakan pusat koperasi pegawai negeri di Sinjai yang telah melaksanakan fungsi dan perannya yang sangat baik," ujarnya.

Ilham berharap PKPRI dapat menjadi motor penggerak dalam hal pemenuhan kebutuhan ekonomi anggota dengan mengambil peran yang tidak sedikit yakni bagaimana membangun sinergitas potensi sumber daya yang dimiliki.

"Pengurus agar tetap fokus menjaga harmonisasi dan ritme pengelolaan usaha ditengah pandemi covid 19 saat ini, dengan tetap mengutamakan pelayanan kebutuhan anggota," kata Ilham menyampaikan pesan Bupati ASA.

Selain itu, dia meminta agar anggota PKPRI yang belum melaksanakan RAT untuk terus diberikan pembinaan terutama KPRI Depdagri bersatu yang sampai hari ini tidak jelas keberadaannya.

"Kepada instansi pembina dinas koperasi, UKM dan tenaga kerja, dekopinda serta pkpri agar bersama sama melakukan pembinaan secara intens khususnya kepada koperasi yang belum melaksanakan RAT," imbuhnya.

Terpisah, Ketua Bidang OKK Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Sinjai, Darwis yang ditemui usai pembukaan RAT menitipkan pesan Ketua Dekopinda Sinjai Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto.

"Sesuai pesan ibu Ketua Dekopinda, kami berharap agar para pengurus koperasi terus meningkatkan daya saing koperasi supaya bisa lebih mandiiri dan usaha yang dijalankan dapat berhasil," kata Darwis.

Pembukaan RAT ini turut dihadiri Sekretaris Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Sabir Syur, Ketua PKPRI Sinjai Muhiddin, serta para pengurus PKPRI Sinjai. (Red/tn).

Sebelumnya
Selanjutnya