Rabu, 09 Juni 2021

BPN Sinjai Serahkan Sertifikat Tanah Milik Pemda ke Seto Asapa



SINJAI, KNEWS - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sinjai menyerahkan sertifikat lahan milik daerah kepada Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA), Rabu (9/6/2021)  di rumah jabatan (Rujab) Bupati.

Kepala BPN Sinjai, Anwar menyebut sertifikat aset Pemda baik berupa kantor/gedung, pemakaman umum yang diserahkan kepada pemerintah jumlahnya sebanyak 17 aset.

"Ada 17 aset yang kita serahkan hari ini. Mudah-mudahan kedepannya akan banyak pengajuan dari pemda atau desa untuk melakukan sertifikasi aset-aset mereka," ungkapnya.

Anwar mengatakan bahwa, pihaknya akan terus bersinergi dengan Pemkab Sinjai, sehingga seluruh aset Pemkab yang belum tersertifikasi akan tetap dilakukan.

Apalagi, keberadaan legalitas aset daerah berupa sertifikat adalah hal yang sangat penting. Karena dengan adanya sertifikat tersebut maka keberadaan lahan milik daerah akan terdata dengan baik. 

"Jadi prinsipnya sertifikasi itu untuk memastikan hak bahwa yang bertanggung jawab atau yang punya adalah Pemda. Artinya yang sudah terbit itu untuk memastikan bahwa aset pemda terjaga," ujarnya.

Sebenarnya, bukan hanya aset pemda, tetapi aset masyarakat juga harus di sertifikasi guna untuk memberikan kepastian hukum atas hak atas tanah. 

Sementara itu Bupati ASA, menyampaikan rasa syukur dengan terbitnya sertifikat aset Pemkab Sinjai. Kata dia, dengan adanya sertifikat tersebut bisa memprcepat lagi realisasi program-program yang ada baik program Pemkab Sinjai, Provinsi hingga pusat, khususnya pembangunan yang membutuhkan lahan di Kabupaten Sinjai.

“Terima kasih atas kerjasamanya selama ini, sumbangsihnya terhadap seluruh masyarakat Kabupaten Sinjai. Mudah-mudahan tahun depan lebih banyak lagi aset Pemkab yang disertifikasi termasuk aset masyarakat yang membutuhkan sertifikat sepanjang aset itu tidak bermasalah”, harap ASA.

Sementara, dari data BPN Sinjai selama tiga tahun terakhir, total aset Pemkab Sinjai yang telah disertifikasi sebanyak 113 terdiri dari 40 bidang di tahun 2019, 56 bidang tahun 2020, dan tahun 2021 17 bidang.

Dalam penyerahan sertifikat aset pemda Bupati ASA, didampingi Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Sinjai, Drs H Muh Irvan. (Red/Tn).

Sebelumnya
Selanjutnya