Jumat, 30 Juli 2021

Cara Menghadapi Orang Tua Yang Toxic




ARTIKEL,KNEWS- Hidup seorang anak tergantung pada  perilaku orang tua dalam mendidiknya. Tak banyak orang tua justru berperilaku buruk terhadap anak sendiri, salah satunya yaitu berperilaku toxic.

Perilaku tersebut biasanya disebut toxic parents. Toxic parents adalah tipe orang tua yang mengatur anak sesuai dengan kemauannya tanpa menghargai perasaan dan pendapat sang anak. Kondisi ini bisa membuat anak merasa terkekang dan ketakutan. 

Tak jarang, anak-anak yang besar dalam lingkungan seperti ini tumbuh dengan membawa luka batin dan perasaan traumatis. Mereka tumbuh menjadi pribadi yang sering menyalahkan diri sendiri dan memiliki rasa percaya diri yang rendah. Bagi anak tidaklah mudah menghadapi orang tua yang memiliki sifat toxic. Seorang anak harus di tuntut untuk sabar dalam menghadapinya. 

Nah, adapun beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menghadapi orang tua yang toxic. 


1. Tetapkan batasan antara diri sendiri dengan orang tua.

Untuk cara ini seorang anak harus bersikap tegas dan lebih percaya diri dalam berkomunikasi dengan orang tua. Ketika ada yang membuatmu tidak nyaman, maka bicarakan secara baik-baik dengan orang tua. Jangan pernah merasa takut untuk mengeluarkan pendapatmu ketika kamu merasa terganggu. Namun pastikan bahwa penjelasan yang kamu berikan benar dan jelas agar orang tua tidak lagi memaksakanmu. 


2. Alihkan pembicaraan ke arah positif.

Apabila orang tuamu sedang mengkritik ataupun memaksakan kehendakmu alangka baiknya jangan emosi terlebih dahulu. Lebih baik alihkan pembicaraan ke arah yang positif agar mereka lupa dengan pembicaraan sebelumnya. Ini lebih baik daripada harus berdebat dengan orang tua dengan nada yang emosi.

 

3. Carilah kesibukan di luar rumah.

Cara lain untuk menghadapi orang tua yang toxic yaitu mencari kesibukan di luar rumah. Kamu bisa mencari hobi baru di luar sana, sehingga kamu bisa lupa dengan masalahmu dengan orang tua. 


4. Luangkan waktumu untuk sendiri.

Penting banget nih bagi kamu meluangkan waktu sendiri agar energi fisik dan mental kamu bisa terisi kembali. Beberapa cara bisa dilakukan yaitu dengan menonton televisi, mendengarkan musik, pergi liburan, dan masih banyak lainnya. Selain itu meluangkan waktu sendiri dapat membuat pikiran lebih rileks, sehingga bisa melatih kesabaran kita dalam menghadapi orang tua yang toxic. 


5. Jangan memaksa untuk mengubah perilaku orang tua.

Jangan sekali-kali memaksa orang tuamu untuk mengubah perilaku meskipun apa yang mereka lakukan salah. Alangkah baik kamu yang harus lebih mengontrol diri saat merespon pembicaraan orang tua agar tidak menyinggung perasaannya. Sebagai seorang anak, seburuk apapun orang tua kita tetap harus menghormati dan menyayangi mereka. Kita harus lebih pandai dalam mengontrol emosi dan tetap bersikap baik kepada orang tua. 


6. Jika mengalami kesulitan, segera konsultasikan ke psikolog.

Nah untuk yang terakhir yaitu lakukan konsultasi ke psikologi jika masih kesulitan dalam menghadapi orang tua yang  toxic. Konsultasikan masalahmu kepada pasikologi agar mendapat solusi yang lebih baik. Dan kamu juga bisa menganjak orang tuamu ikut berkonsultasi ke psikologi agar mereka juga mendapat arahan tentang bagaimana hubungan yang baik orang tua dan anak. 

Itulah beberapa cara untuk mengatasi orang tua yang berperilaku toxic kepada anak. Dan semogah kalian di jauhkan dari orang tua seperti itu. Dan bagi yang memiliki orang tua yang toxic sebaiknya lakukan cara-cara diatas untuk mengatasinya.




Sebelumnya
Selanjutnya