Sabtu, 14 Agustus 2021

Cara Aman dan Efektif Berbelanja di Supermarket Saat Pandemi


Ditengah situasi saat ini, virus Covid-19 dengan sangat mudah menular ke beberapa orang. Maka dari itu perlu tingkat kewaspadaan agar tidak terjangkit virus tersebut. Salah satunya ketika hendak berbelanja kebutuhan sehari-hari di supermarket.

Berbelanja kebutuhan sehari-hari sudah menjadi hal yang penting yang tak bisa terlewatkan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan persediaan makanan. Tidak dipungkiri hal tersebut membuat supermarket selalu ramai didatangi dan bisa saja menjadi klaster baru penyebaran virus corona. Agar terhindar dari virus corona saat belanja di supermarket, berikut cara aman dan efektif berbelanja di supermarket :

1. Pastikan Kamu dalam keadaan sehat

Pertama-tama pastikan terlebih dahulu keadaan kita benar-benar sehat agar tidak membahayakan diri sendiri ataupun orang lain. Jangan memaksakan diri untuk keluar berbelanja apabila merasa kurang sehat. Hargailah keberadaan orang-orang disekitarmu.

 2. Segera membersihkan diri sebelum dan sesudah berbelanja 

Dianjurkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam supermarket dan mencuci tangan setelah keluar. Karena jangan sampai kamu menyetuh barang-barang yang dapat menularkan virus. Dan alangkah baiknya setelah cuci tangan juga menggunakan cairan antiseptik. 

3. Selalu jaga jarak minimal 1 meter dengan pengunjung yang lain

Pada saat berbelanja sebaiknya kita menjaga jarak dengan pengunjung yang lain minimal satu meter. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penularan virus Covid-19 baik pada saat berbelanja ataupun saat antri. 

4. Hindari berbelanja pada jam sibuk

Untuk menghindari kerumunan banyak orang dan antrian panjang, sebaiknya hindari belanja pada jam-jam sibuk seperti disiang atau sore hari. Dengan begitu, juga akan lebih mudah menjaga jarak dengan yang lainnya. 

Selain itu, sebisa mungkin beli semua kebutuhan di satu tempat saja. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) menyarankan untuk membeli kebutuhan harian dan bahan makanan yang cukup paling tidak untuk persediaan selama satu minggu 

5. Membayar dengan uang elektronik

Uang menjadi salah satu benda yang dapat menjadi medium penularan Covid-19. Untuk itu, sebaiknya usahakan untuk melakukan pembayaran secara non tunai atau menggunakan uang elektronik. Saat ini banyak aplikasi keuangan yang bisa menjadi alternatif untuk melakukan transaksi seperti OVO, Go-Pay, DANA, dan masih banyak lagi aplikasi keuangan lainnya. 

Itulah beberapa tips aman dan efektif saat membeli bahan makanan ditengah pandemik Covid-19. Tetaplah disiplin terapkan protokol kesehatan dan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta meningkatkan imunitas tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Dil

Sebelumnya
Selanjutnya