Rabu, 18 Agustus 2021

RBAP Sukses Gelar Kegiatan Semarak Kemerdekaan RI Ke-76

 

GOWA, KNEWS - Pengurus Rumah Baca aksara Panrannuangta menggelar kegiatan Semarak Kemerdekaan dalam rangka Hari kemerdekaan RI yang Ke 76 yang bertempat di Sekretariat Rumah Baca aksara Panrannuangta Desa Tindang, Kecamatan Bontonompo Selatan, Kabupaten Gowa. Rabu, (18/08/2021).

Banyak hal yang telah berubah sejak tahun 1945 awal kemerdekaan Republik Indonesia, budaya-budaya yang di tinggalkan leluhur di zaman sekarang itu sudah mulai pudar akibat perkembangan zaman. Hal ini yang memantik pengurus Rumah Baca Aksara Panrannuanta (selanjutnya akan di sebut RBAP) untuk melaksanakan kegiatan pada momentum memperingati hari kemerdekaan dengan cara melestarikan budaya-budaya tradisional seperti Enggrang padende cangke' dan lain-lain.

Pengurus Rumah Baca Aksara Panrannuanta  melakukan kegiatan ini dengan melaksanakan perlombaan-perlombaan tradisional sebagai upaya untuk mengingat  semangat-semangat perjuangan leluhur untuk memerdekakan Indonesia.

"Lomba-lomba yang dilaksanakan pengurus Rumah Baca jarang saya dapatkan dan katanya ini peninggalan nenek moyang kita dan ternyata ini sangat menyenangkan," ucap salah satu peserta.

Kegiatan semarak kemerdekaan berlangsung selama 3 hari pada tanggal 15 sampai 17 Agustus yang dilaksanakan dipelataran sekretariat RBAP. Meskipun dalam kondisi  pandemi, namun pengurus RBAP melaksanakannya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Semoga dalam kegiatan semarak kemerdekaan yang kita laksanakan selama tiga hari ini, dapat kita jadikan sebagai upaya untuk tetap menjaga serta meningkatkan pengetahuan kita terhadap kebudayaan terkhusus untuk anak-anak yang berusia 15 tahun kebawah," ungkap ketua umum RBAP.

Bang Rahmat

Sebelumnya
Selanjutnya