Minggu, 05 September 2021

Benahi Karakter Siswa SD KIP V Bara-baraya, Tim PKM-PM UNM Gelar Pendidikan Seks

MAKASSAR, KNEWS - Tim Program Kreatifitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) UNM melaksanakan kegiatan pengabdian dengan memberikan pembelajaran mengenai Pendidikan seks yang berjudul "Media Komik Digital untuk Pendidikan Seks Bagi Siswa Sekolah Dasar" program ini dilaksanakan di SD KIP V Bara-baraya yang berlokasi di JL. Jalahong Dg. Matutu No.56 Kecamatan Makassar Kota Makassar Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini berjalan selama kurang lebih 4 bulan secara luring dan daring dan dilaksanakan oleh Tim PKM-PM UNM yakni Winda Tri Astuti Rahman (Jurusan PGSD UNM) sebagai ketua tim dengan kedua rekannya yakni Sarah Zamzani (Jurusan Psikologi UNM) dan Lastri (Jurusan Teknologi Pendidikan UNM).

Dengan menggunakan media komik digital "Tentang aku". Kegiatan tersebut bertujuan memberikan pengetahuan tentang pendidikan seks untuk memperbaiki karakter tidak bermoral siswa dan membantu siswa agar dapat menjaga diri dan terhindar dari kekerasan seksual. Sebanyak 10 orang siswa kelas V SD KIP V Bara-baraya ikut berpartisipasi.

Ketua Tim PKM-PM UNM, Winda Tri Astuti Rahman mengungkapkan alasan Tim PKM-PM UNM melaksanakan program Pendidikan Seks di SD KIP V Bara-baraya.

"Saya melihat lingkungan mitra yaitu SD KIP V Bara-baraya perlu diadakan kegiatan seperti ini, hal itu dikarenakan siswa menunjukan sikap yang tidak bermoral seperti berkata kasar, menggunakan pakaian tidak sesuai dengan usianya serta memanfaatkan gawai/hp mereka dalam hal yang negatif misalnya mengakses video-video yang tidak pantas dan lain sebagainya. Apalagi dilingkungan sekolah tersebut sangat rentan terhadap kekerasan seksual," tuturnya. Minggu (05/09/21)

Untuk menambah daya tarik belajar siswa, Tim PKM-PM UNM menggunakan media komik digital.

"Kami menggunakan media komik digital karena media pembelajaran ini dapat menarik perhatian anak dan membuat siswa mudah memahami materi yang akan diberikan," tambahnya.

Diketahui, kegiatan ini didukung penuh oleh Guru dan juga Orang tua siswa. Orang tua siswa turut andil mengambil peran sebagai pendamping siswa saat membaca komik dan melakukan video converence. Terkhusus untuk pelaksanaan dilakukan full daring dengan 2 metode yaitu synchounus dan asynchronous.

Tim PKM-PM UNM juga berharap kegiatan ini dapat menjadi pedoman dalam penggunaan gadget yang sehat bagi anak di bawah umur.

"Dengan adanya program ini Tim berharap agar pendidikan seks dapat tersampaikan kepada siswa SD KIP V Bara-baraya dan agar siswa menggunakan gawai/hp dengan sehat. Tim juga berharap komik digital “Tentang Aku” dijadikan media dalam memberikan pendidikan seks usia dini di Sekolah Dasar," tutup Winda.

Sia

Sebelumnya
Selanjutnya