Sabtu, 16 Oktober 2021

WR 3 UNM Jadi Narasumber di Lokakarya dan Webinar Nasional UKM Seni

MAKASSAR, KNEWS - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Lokakarya dan Webinar Nasional bertajuk: Membangun Kreativitas Pekerja Seni melalui Digitalisasi di Tengah Pandemi Covid-19 di Ruang ICT, lantai 3 Gedung Menara Pinisi, Jl. A. P. Pettarani, Makassar pada Sabtu (16/10/2021).

Narasumber dalam Webinar Nasional ini adalah Prof. Sukardi Weda, yang juga merupakan Wakil Rektor 3 bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNM, Rizki Amaliah, selaku  Koordinator Literasi Digital KEMKOMINFO dan Martin Anugrah selaku Content Creator.

Webinar yang dihelat secara blended, memadukan luring dan daring dihadiri sekitar 300 peserta, baik dari mahasiswa UNM, mahasiswa dari PT lain di Indonesia maupun para pekerja seni.

Prof. Sukardi Weda Dalam sambutannya, mengatakan bahwa Covid-19 telah banyak merubah pola perilaku manusia yang semula bisa dilakukan secara manual tapi di masa pandemi ini kita di paksa untuk melaksanakan nya secara Virtual.

"Pandemi Covid-19 yang datang sekonyong-konyong memaksa seseorang untuk beralih dari kegiatan yang acapkali dilakukan secara manual ke kegiatan yang dilakukan secara virtual/daring dengan menggunakan beragam perangkat atau platform di era teknologi digital," ungkapnya.

Sukardi Weda juga menambahkan bahwa Covid-19 yang mewabah memberikan dampak besar terhadap keberlangsungan kehidupan dan membuat ekonomi porak-poranda.

"Akibat dari Pandemi ini telah banyak membuat ekonomi porak-poranda dimana kita tahu bahwa banyak perusahaan gulung tikar yang berakibat pada PHK karyawan, pemutusan hubungan kerja berakibat terjadinya pengangguran.dan salah satu profesi yang terdampak oleh pandemi Covid-19 adalah pekerja seni," ucapnya. 

"harapan saya supaya para pekerja seni tetap eksis dan menggeliat di masa pandemi ini dengan memanfaatkan teknologi digital. Ia juga berharap supaya setiap pekerja seni supaya melek teknologi digital (digital literacy), sehingga dapat bersaing di era teknologi digital ini," pungkasnya.

Ree'

Sebelumnya
Selanjutnya