Kamis, 13 Januari 2022

Dorong Peningkatan Kesehatan Masyarakat, Bupati Bantaeng Gandeng Unismuh Makassar


MAKASSAR, KNEWS – Bupati Bantaeng, Ilhamsyah Azikin mengajak Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar untuk bersinergi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Bantaeng. 

Hal itu disampaikan Ilhamsyah saat memberikan sambutan dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Bantaeng dengan Unismuh Makassar. Seremonial berlangsung di Gedung FKIK Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Kamis (13/1/2022).

Ilhamsyah menambahkan, menjaga derajat kesehatan masyarakat, bukan hanya tanggungjawab pemerintah, tetapi membutuhkan kerjasama berbagai pihak, termasuk pihak kampus. 

Pandemi COVID-19 selama dua tahun terakhir, lanjutnya, membuat semua Lembaga terkena  dampak. Percepatan vaksinasi saat ini, juga perlu partisipasi semua pihak, agar segera terwujud herd immunity atau kekebalan masyarakat.

“Berdasarkan petunjuk Mendagri, kami diminta untuk mengukur kekebalan masyarakat melalui survei. Saya berharap Unismuh yang bisa melakukannya pertama kali di Bantaeng,” harap nakhoda Kabupaten Bantaeng ini.

Menyahuti Bupati Bantaeng, Rektor Unismuh Prof Ambo Asse menyampaikan apresiasinya atas ajakan kolaborasi tersebut. Saat ini, Unismuh juga berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Sulsel untuk mempercapat vaksinasi COVID-19.

“Tim FKIK Bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel bekerjasama sebagai tenaga vaksinator untuk beberapa Kabupaten,” jelasnya.

Untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di FKIK, kata Prof Ambo Asse, Unismuh akan segera membangun Gedung 12 lantai, di samping Rumah Sakit Unismuh, Jl. Tun Abdul Razak Kabupaten Gowa.

Nakhoda Unismuh ini menegaskan bahwa kolaborasi juga bisa dilakukan dengan Muhammadiyah di tingkat Kabupaten. 

Dekan FKIK Unismuh Makassar Prof Suryani As’ad menyatakan bahwa kerjasama antara Pemkab Bantaeng dengan Unismuh mencakup bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

“Niat baik berkolaborasi ini diwujudkan dalam bentuk MoU. Semoga bisa menambah hormon endorphin, hormon kebahagaian bagi kita semua,” ucap Dokter spesiali gizi ini.

Acara ini dihadiri beberapa pejabat Pemkab Bantaeng, termasuk salah satu Anggota DPRD Bantaeng yang juga alumni FISIP Unismuh Makassar Misbahuddin Basri.

Sementara dari pihak Unismuh, turut hadir Wakil Rektor I Dr Abd Rakhim Nanda dan para Wakil Dekan dan Ketua Prodi dalam lingkup FKIK Unismuh Makassar.

Sia

Sebelumnya
Selanjutnya