Kamis, 10 Februari 2022

Anggota DPRD Makassar Sebut Pendataan Warga Makassar Perlu Pembaruan

 


MAKASSAR, KNEWS - Anggota DPRD Kota Makassar Fraksi Demokrat, Ray Suryadi Arsyad menyebutkan jika pendataan warga di Kota Makassar perlu dilakukan pembaruan. Hal ini dikarenakan sistem pendataan yang masih menggunakan data lama.

“Banyak sekali data yang harus diperbarui di kota ini. Sebab, masih banyak data yang tidak singkron dengan kondisi di lapangan,” kata Ray Suryadi Arsyad, Kamis (10/2/2022).

Menurutnya, pemerintah saat ini belum memiliki sistem basis data yang terintegrasi antar dinas dalam hal pengelolaan. Dampaknya, tiap dinas memiliki data yang berbeda-beda satu sama lain.

Ia mencontohkan, masalah mendasar seperti pendataan orang miskin, warga yang belum menikmati air bersih, dan data anak jalanan di Kota Makassar yang saat ini belum dibenahi.

“Setiap lampu merah di sudut kota, hampir ada semua anjal dan pak ogah. Dinas sosial mana, memang tak ada penanganan yang serius,” ujarnya.

Terlebih lagi, tambah Ray, jika ada bantuan sosial bagi warga yang tak mampu. Keseringan muncul data fiktif yang bertebaran dan masuk kategori orang mampu.

“Pesan saya pendataan perlu dilakukan secara masif dan serius, harus dari bawah, pakai itu RT/RW terus diverifikasi. Jangan data 10 tahun yang lalu masih digunakan,” pesannya.

(Asrul)

Sebelumnya
Selanjutnya