Sabtu, 26 Februari 2022

Ketua DPRD Dukung Wali Kota Makassar Tuntaskan Barombong


MAKASSAR, KNEWS - Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo berharap Pemprov Sulsel menyerahkan Wali Kota Danny Pomanto menuntaskan Stadion Barombong. Hal ini agar Pemprov Sulsel bisa langsung fokus menuntaskan Stadion Mattoanging yang tendernya masih berproses.

Menurut Rudi, Kota Makassar sebagai kota terbesar di Indonesia Timur sudah selayaknya punya stadion representatif setara dengan Jakarta International Stadium (JIS). Stadion Barombong yang tengah mencuat kelanjutan pembangunannya bisa jadi momentum mewujudkan itu.

"Anda bisa bayangkan Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta) tidak gembar-gembor tapi sudah punya Jakarta International Stadium. Itu luar biasa mewah, megah. Sayang sekali Makassar menjadi kota nomor 1 di Indonesia Timur kita malah tidak punya stadion," tegas Rudi, Sabtu (26/2/2022).

Harapan itu dia sampaikan di tengah wacana keinginan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny Pomanto menuntaskan Stadion Barombong. Aset bangunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) yang kini mangkrak.

"Kalau saya sih perspektif sebagai wkail rakyat, memang perlu di sini kearifan pemimpin-pemimpin kita pengambil kebijakan. Dalam hal ini bapak gubernur dan wali kota Makassar untuk duduk bersama," tutur dia.

Dirinya merespons positif keinginan Wali Kota Makassar. Pemprov Sulsel diharap bisa ikut menyambut baik. Sisa mencari jalan terbaik dengan duduk bersama mencari solusi.

"Provinsi kan fokus benahi Stadion Mattoanging, kan ada dua stadion di Makassar. Stadion Barombong bisa dikasih ke pemerintah kota misalkan, untuk dikelola atau dibiayai pembangunannya," ucap Rudi.

"Supaya kedua stadion ini segera dipakai, bisa dimanfaatkan. Ini juga yang menjadi keinginan publik, keinginan warga masyarakat Sulsel, khususnya pecinta bola di Makassar," tambah legisator Nasdem ini.

Pihaknya pun akan mendukung penganggaran proyek Stadion Barombong. Bilamana aset Pemprov Sulsel itu resmi di tangan Pemkot Makassar untuk diusulkan pembangunannya lewat APBD Kota Makassar.

"Justru bagus. Saya kira sejak Jakarta punya Jakarta Internasional Stadium (JIS), masa kita tidak punya. Bayangkan saja, Makassar sebagai ibu kota provinsi, gerbang timur Indonesia, tapi tidak punya stadion," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto sesumbar ingin menjadikan Stadion Barombong berstandar internasional. Mimpi ini akan diwujudkan jika aset Pemprov Sulsel itu resmi berpindah tangan di Pemkot.

"Sudah (saya siapkan konsepnya berstandar internasional). Saya kan juga ini perencana stadion. Jadi paham sekali stadion itu, standar internasional saya tahu," kata Danny saat dihubungi, Jumat (25/2/2022).

Pihaknya pun akan menyiapkan anggaran Rp 100 miliar di tahap awal, khusus untuk membangun lapangan Stadion Barombong. Sumber anggarannya bakal dimasukkan di APBD-Perubahan 2022.

(Asrul)

Sebelumnya
Selanjutnya