Jumat, 18 Maret 2022

DPRD Makassar Akan Hadirkan Avatar Layani Warga

 


MAKASSAR, KNEWS - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar akan hadir lebih dekat dengan warga dengan melalui sebuah aplikasi.

Pelayanan diberikan dalam bentuk Avatar. Yakni sebuah pelayanan melalui konsultasi publik terkait berbagai kerja kerja Anggota Dewan.

“Kita berencana akan siapkan aplikasi Sipakatau atau Sistem Informasi Konsultasi Publik, dengan ini warga bisa memberikan masukan terkait ranperda sebagai bentuk produk hukum partisipatif sebelum menjadi perda. Akan ada Avatarnya anggota Dewan 1×24 jam melayani warga,” tulis Sekretaris DPRD Makassar Dahyal, melalui akun Facebooknya, Jumat (18/03/2022).

Menurutnya, legislator Makassar akan direpresentasikan dalam bentuk Avatar dan akan berinteraksi dalam VR melalui aplikasi yang disiapkan oleh Sekretariat DPRD Makassar.

“Insya Allah (akan dibuatkan Avatar), ini rencana inovasi tetapi tetap mengikuti ketentuan yang ada dan dikomunikasikan dengan Pimpinan dan anggota dewan,” ujar Dahyal.

Selain Sipakatau, Dahyal menyebut sejumlah proyeksi program inovatif lainnya juga akan direalisasikan. Di antaranya Program Ero’ta. Program ini memaksimalkan proses reses melalui ruang virtual sehingga proses penyerapan aspirasi warga bisa lebih luas.

“Ada juga aplikasi Ero’ta, banyak warga yang berpikir hasil reses tidak masuk dalam pokir anggota Dewan. Satu kali reses setiap anggota Dewan maksimal 6 titik. Makanya ide ini muncul,” terangnya.

Program andalan Sekretariat DPRD Makassar yakni Ajamma akan dikembangkan menyesuaikan dengan penegasan Pemkot Makassar yang memantapkan diri menuju era metaverse

“Ajamma bakal dikembangkan, penyaluran aspirasi maupun pengaduan. Nanti akan ada Avatar untuk mewadahi legislator sesuai bidang yang terima aspirasi, begitu juga dengan RDP dengan SKPD terkait,” tutup Dahyal.

(Asrul)

Sebelumnya
Selanjutnya