Rabu, 19 Januari 2022

Anggota DPRD Makassar Desak Pemkot Memaksimalkan Pencegahan Pohon Tumbang


MAKASSAR, KNEWS
Anggota Komisi C Bidang Pembangunan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar, Imam Muzakkar mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memaksimalkan pencegahan pohon tumbang yang sewaktu-waktu bisa mengancam saat cuaca ekstrem seperti ini.

Imam Muzakkar mengatakan, hujan lebat disertai angin kencang berpotensi dapat memicu terjadinya pohon tua, tumbang. Sehingga masyarakat patut waspadai dengan menghindari melintas sekitaran atau bawah pohon. Juga tidak memarkir kendaraan di saat hujan lebat disertai angin kencang terjadi.

Legislator dari Fraksi PKB Makassar juga meminta kepada Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar proaktif melakukan antisipasi pencegahan terjadinya pohon tumbang. Jangan menunggu pohon jatuh, menimpa korban baru kemudian mengambil tindakan.

“Pohon-pohon di Kota Makassar ini wajib dikontrol secara aktif oleh DLH Makassar. Fokusnya pohon berumur sudah tua saja yang dicek. Karena dengan kondisi itu ancaman bagi masyarakat,” tegas Imam Muzakkir, Rabu (19/1/2022).

Imam kemudian menyarankan DLH Makassar sebaiknya memangkas atau memelihara dengan baik pohon-pohon yang ada. Karena menjadi tugas kewenangan dari DLH Makassar melakukan pemeliharaan dan mengondisikan.

“Kalau ada pohon yang usianya sudah tua, membahayakan mayarakat, segera tebang atau dirapikan. Dan berdasarkan regulasi di peraturan walikota, setiap pohon yang ditebang wajib diganti,” sambungnya.

(Asrul)

Sebelumnya
Selanjutnya