Selasa, 28 Juli 2020

OPINI : Pentingnya Ber-Organisasi Bagi Mahasiswa

               MHR.Abu Yajid AL Hamidi

Knews.co.id - Menjadi seorang mahasiswa yang baik tidaklah mudah. Seperti apa itu mahasiswa yang baik? Pastinya selain memiliki nilai-nilai yang memuaskan, Mahasiswa yang baik harus aktif dalam kegiatan perkuliahan. Jangan hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu alias kuliah pulang-kuliah pulang, melainkan beranikan diri untuk menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar lagi. Salah satu contohnya adalah bergabung dengan organisasi-organisasi yang ada di dalam kampus.

 Apa sih pentingnya berorganisasi di kampus? Sebagai mahasiswa kita telah mengetahui bahwa tugas-tugas seringkali menumpuk dan menyita waktu kita untuk bersantai, apalagi jika kita menjadi bagian dari suatu organisasi. Namun sebenarnya, berorganisasi dalam kampus amatlah penting. Di kegiatan keorganisasian inilah kita mendapatkan berbagai macam ilmu yang jarang sekali dapat kita temukan apabila kita bekerja sendiri atau belajar di kelas seperti teamwork, soft skills, serta kemampuan kita berkomunikasi dengan orang lain sehingga tujuan kita dapat tercapai. Mungkin beberapa dari kita adalah seroang yang pemalu jika berbicara dengan orang lain terutama orang yang tidak dikenal. Mengikuti kegiatan organisasi dapat membuat kita lebih percaya diri berbicara di depan umum dan menyampaikan pendapat kita ke organisasi. Seiring waktu apabila kita berniat untuk meningkatkan kemampuan kita, berorganisasi dijamin akan memberi kita banyak ilmu.

 Zaman sekarang tidak sedikit kita menemukan mahasiswa yang kurang berminat sungguh-sungguh untuk berpartisipasi dalam suatu kegiatan organisasi. Memang, menjadi bagian dari suatu organisasi bukanlah hal yang santai dan main-main saja melainkan sesuatu yang membutuhkan tanggung jawab dan waktu kita. Akan tetapi apabila kita memberanikan diri untuk keluar dari comfort zone kita, suatu saat kita pasti bisa menemukan jati diri kita. Apakah kita sudah tahu tujuan kita? Bagaimana sih rasanya dunia kerja nanti? Atau beberapa dari kita masih bingung ingin bekerja apa kelak walaupun kuliah sudah bagus? Mungkin mengikuti kegiatan organisasi mahasiswa akan memberi gambaran tentang itu semua.

Menjadi bagian dari organisasi tidaklah berarti hanya mendaftarkan nama kita saja, namun juga ikut berkontribusi dan berpartisipasi dalam kegiatan organisasi itu juga. Beranikanlah diri untuk mencoba menjadi project leader atau ketua seksi. Janganlah takut untuk mengambil tanggung jawab, karena dalam berorganisasi kita tidaklah sendiri melainkan bekerjasama dengan team member kita. Apabila sudah mengambil suatu jabatan di dalam organisasi jangan lupa juga untuk bertanggung jawab atas jabatan itu. Dengan begitu perlahan kita akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti menambah kenalan baik dalam maupun luar kampus, pengalaman, dan pengetahuan.

Sudah tahu kan pentingnya berorganisasi ? Tidak ada kata terlambat untuk mempelajari sesuatu yang baru. Jika dalam 2 atau 3 bulan kita merasakan bahwa kita cocok dalam organisasi yang kita pilih, lanjutkanlah. Jika tidak, maka mundurlah dari organisasi tersebut dengan sopan dan carilah organisasi lain yang mungkin sesuai dengan kita. Marilah kita mulai berorganisasi dan menjadi mahasiswa yang aktif untuk masa depan kita.

Penulis : MHR.Abu Yajid AL Hamidi

*Tulisan tanggung jawab penuh penulis*

Sebelumnya
Selanjutnya