Minggu, 06 Desember 2020

Diskusi Budaya, FDS Hadirkan Tokoh Budaya Sinjai


SINJAI, KNEWS - Kegiatan Jejak Budaya Bumi Makkawarue yang diselenggaran oleh Forum Desa Saohiring (FDS) menggelar diskusi budaya di Lapangan Dusun Bole, Desa Saohiring, Kecamatan Sinjai Tengah, Minggu (06/12/20).

Dalam Diskusi Budaya ini menghadirkan 3 Narasumber yakni, Drs Muhannis (Budayawan Sinjai), Mirfayani Mirsal (Pegiat Literasi Sinjai), Muh Saad (Pemangku Adat)

Dimana pemandu jalannya Diskusi tersebut yakni dipandu Sofyan yang merupakan Ketua Umum Forum Desa Saohiring.


Pemangku Adat, Muh Saad menyampaikan bahwa Masyarakat adat kanrung merupakan keturunan dari kerajaan gowa.

"Kata makkawarue sendiri yang kita kenal sekarang berasal dari nama seorang penguasa yang bernama Arung Makkawaru yang berkedudukan di Bola Loppoe yang terletak di Ulu Galang," ucapnya.

Sementara itu, Mirfayani Mirsal menyebut Literasi merupakan kecakapan hidup dalam berinteraksi 6 literasi dasar salah satunya adalah literasi budaya dan kewarganegaraan.

"Kemampuan untuk mengenal budaya sebagai identitas peran pemuda harus termotivasi untuk memperkenalkan budayanya ke Indonesia hingga ke Internasional," ucap Kak Yani sapaan akrabnya.

Ditempat yang sama, Drs Muhannis menyampaikan kalau di desa Saohiring jika dipandang segi budayanya terletak dua konfiderasi.

"Desa saohiring jika dipandang dari segi budaya terletak didua konfiderasi yakni konfederasi Bulo Bulo dan Konfiderasi Manimpahoi," tutupnya.

(Haeril)

Sebelumnya
Selanjutnya