Senin, 14 Desember 2020

Kolaborasi 2 Fakultas, Ini yang Dilakukan LPkM UMI


MAKASSAR, KNEWS - Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali menghasilkan luaran dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Sekolah Dasar (SD) Inpres Batua 1 Makassar, Kota Makassar, Senin (14/12/20).

Kegiatan pengabdian merupakan kolaborasi dua Fakultas di UMI yang diketuai oleh Dr. Eng. Ir. Irma Nur Afiah (Fakultas Teknologi Industri) dan dr. Rezky Putri Abdullah (Fakultas Kedokteran) sebagai Anggota. Sebagai penutup kegiatan, telah diserahkan laporan hasil kepada pihak Mitra yakni Kepala SD Inpres Batua 1 Makassar. 

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan sebagai wujud implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi dengan tajuk Pengukuran Antropometri dan Penilaian Tren Pertumbuhan Anak Usia 7-12 Tahun pada SD Inpres Batua 1 Makassar dimana kegiatan pengabdian berupa pengukuran langsung kepada 50 siswa SD dan sosialiasi hasil pengukuran sebagai interpretasi tren pertumbuhan anak pada pihak Sekolah. 

Dr. Irma Nur Afiah mengungkapkan bahwa dibutuhkan satu pusat data Antropometri usia Sekolah Dasar agar dapat diketahui tren pertumbuhan, status gizi, hingga menjadi referensi dalam perancangan meja dan kursi belajar untuk usia Sekolah Dasar. 

“Kegiatan ini dilaksanakan dimulai di bulan September dan berakhir di bulan Desember ini sebelumnya di tahun 2018, kami melaksanakan kegiatan yang serupa namun kami fokus kepada rancangan kursi dan meja sekolah dasar yang menggunakan pendekatan antropometri dan biomekanika. Kegiatan tersebut kami laksanakan di Jeneponto, dan ternyata belum ada pusat data Antropometri anak, sehingga terlaksanalah pengabdian ini,” ucapnya.

Lebih lanjut, Dirinya menambahkan bahwa pengukuran Antropometri yang dilaksanakan ini tidak hanya dari sudut pandang Ilmu Kesehatan tapi juuga menerapkan prinsip Engineering Anthropometry dengan mengukur kekuatan genggap tangan, lebar jangkauan, hingga jarak pandang mata. 

"Hasil kegiatan ini dipresentasikan pada forum internasional yakni the 2nd International Conference on Halal, Policy, and Sustainability yang dilaksanakan diakhir November lalu dan alhamdulillah, hasil pengabdian ini mendapatkan penghargaan berupa The Best Presenter dan full paper akan diterbitkan di jurnal Internasional, meski dalam kondisi Pandemi, kegiatan tidak terhambat karena tetap memanfaatkan teknologi,” tutupnya.

(Haeril)

Sebelumnya
Selanjutnya