Selasa, 16 Februari 2021

Koramil 1801-04/Wasior Lakukan Penanaman Perdana Budi Daya Rumput Laut


PAPUA BARAT, KNEWS - Ditengah pandemi Covid 19 Pemberdayaan Ketahanan Pangan, Jajaran Kodim 1801/Manokwari dalam hal ini Babinsa Koramil 1801-04/Wasior melakulan penanaman perdana budi daya rumput laut di Kampung Asandami Distrik, Teluk Duairi, Kabupaten Teluk Wondama, Selasa (16/02/21).

Dari informasi yang diterima budidaya penanaman rumput laut ini dilakukan melalui pembinaan dan percontohan langsung oleh Babinsa dengan mengajak warga Desa binaanya yang berprofesi sebagai nelayan tradisional untuk mencari penghasilan tambahan dengan budidaya rumput laut ini.

Dalam acara Penanaman Perdana Rumput laut ini, Dandim 1801/Manokwari, Kolonel Arm Airlangga melalui Danramil 1801-04/Wasior, Kapten Inf Katwadi mengatakan bahwa pada dasarnya ketahanan pangan itu bukan hanya tanaman padi, jagung dan kedelai, namun ketahanan pangan itu merupakan program Pemerintah bagi Petani dan Nelayan untuk mendapatkan penghasilan tambahan di bidang pertanian dan perikanan termasuk diantaranya budidaya rumput laut.

"Kerjasama antara Koramil Wasior dengan Dinas Perikanan dan LSM  ini untuk memberi dorongan, semangat dan motifasi terhadap petani  agar mereka mempunyai kemauan untuk memperbaiki tarap ekonominya," ucapnya.

Sementara itu, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten, Dominggus masyewi menyampaikan harapan Pemerintah Daerah untuk budi daya rumput laut ini bukan pelarian profesi dari nelayan menjadi petani rumput laut. Hal ini menjadi sebagai selingan untuk tambahan penghasilan sehingga dapat meningkatkan perkonomian selain sebagai nelayan. 

"Kami mengucapkan terima kasih atas kerja keras Babinsa khususnya Jajaran Kodim 1801/Manokwari yang telah mengajak dan memberikan motivasi kepada warga masyarakat Kampung Asandami untuk menanam rumput laut dalam mensukseskan Program Ketahanan Pangan," jelasnya.

(Haeril)

Sebelumnya
Selanjutnya