Selasa, 03 Agustus 2021

Pantai Seruni Menjadi Salah Satu Objek Wisata Populer di Bantaeng


Sumber foto: Tribun timur.com.


ARTIKEL, KNEWS-Tribun Pantai Seruni merupakan salah satu titik utama wisata di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Destinasi ini menawarkan wisata kawasan hasil reklamasi tepi laut sepanjang satu setengah kilometer. Ditata dengan rapi, pantai ini terlihat cantik dan indah dipandang mata untuk berwisata.

Lokasi wisata Pantai Seruni dikenal sebagai tempat ‘nongkrong’ di kalangan wisatawan muda. Suasana pantai dengan fasilitas pendukung wisata cukup lengkap menjadikannya sebagai lokasi favorit wisatawan. Tersedianya kawasan pusat kuliner juga menambah lengkapnya kemeriahan berlibur.

Keindahan kawasan Pantai bisa dinikmati tanpa membayar apapun. Baik tiket masuk maupun parkir kendaraan. Waktu operasional di pantai Seruni buka setiap hari 24 Jam. 

Keindahan alam pantai tentu merupakan sajian utama objek wisata ini. Area pantai yang sudah terkelola baik menjadi salah satu daya tariknya. 

Kawasan wisata Pantai Seruni yang tertata rapi dan indah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.  Wisatawan dapat merasakan semilir angin mewarnai suasana pantai dengan kursi dan meja santai untuk menikmati keindahan alam dengan duduk bersantai di tepi perairan pantai Seruni.

Wisata Pantai Seruni memiliki kawasan yang tertata rapi dengan panjang lebih dari satu kilometer. Wisatawan dapat berjalan santai menyusuri garis pantainya sambil menikmati suasana. Pemandangan dari perpaduan kawasan pesisir dan laut yang disuguhkan memberikan efek relaksasi tersendiri.

Kawasan Pantai Seruni memiliki spot restoran yang dibangun di atas laut. Tempat ini didesain dengan konsep minimalis dan menggunakan bahan kayu yang berkualitas yang merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, restoran ini dibangun untuk menambah daya tarik.

Berseberangan jalan dengan restoran, deretan cafe dan rumah makan berjejeran melengkapi area sentra kuliner. Wisatawan dapat memilih aneka hidangan dari seafood hingga makanan khas Sulawesi Selatan. Kudapan seperti pisang epe, sarabba, jus poteng, jus pasir putih, es zamrud menjadi favorit wisatawan.

Wisatawan biasanya datang bersama rekan dan keluarga untuk menikmati santap kuliner di area ini. Sambil menyantap aneka menu pilihan, wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan tepi laut. Semilir angin menemani dalam suasana santai, bahkan lebih ramai saat malam hari.

Pantai Seruni kerap dijadikan sebagai kawasan untuk joging oleh warga di Kabupaten Bantaeng. Banyak wisatawan datang sengaja untuk berolahraga sambil menikmati suasana dan pemandangan area pesisirnya.

Sebuah sport center pun dibangun di area Pantai Seruni. Terdapat lapangan basket, futsal, dan berbagai arena olahraga lainnya. Sepanjang hari, arena-arena olahraga di Pantai Seruni dipenuhi wisatawan terutama kalangan kaum muda.

Wisatawan bisa leluasa memilih waktu untuk berolahraga tanpa dipungut biaya apapun untuk mengaksesnya. Seringkali suasana di sport center begitu meriah saat sedang diadakan pertandingan.

Pantai Seruni sangat cocok dijakdikan sebagai tempat wisata keluarga dan juga ramah anak. Berbagai sarana rekreasi anak pun disiapkan di area bermain seperti ayunan serta perosotan. Wisatawan juga dapat berkeliling pantai dengan odong-odong, bendi atau dokar hias, maupun sepeda hias.

Saat sore hari, jumlah wisatawan biasanya bertambah untuk menikmati momen tengelamnya matahari dengan pantulan cahaya senja di permukaan laut yang mewarnai panorama lanskap Pantai Seruni.

Wisatawan dapat menikmati panorama sunset ditemani aneka kudapan termasuk kopi khas Sulawesi yang terkenal. Seperti kopi toraja, bastem, enrekang, maupun pilihan lainnya.

Saat malam tiba, kawasan wisata Pantai Seruni akan terlihat meriah. Perpaduan warna lampu-lampu hias di sepanjang pantai tertata sedemikian rupa.

Tribun pantai Seruni juga tampak ramai oleh wisatawan yang menikmati malam. Seringkali, kendaraan wisatawan yang terparkir sampai memenuhi sebagian jalan Dr. Ratulangi. Banyak komunitas band turut meramaikan suasana dengan lagu-lagu yang mereka bawakan.

Yang tak kalah ramai tentu saja lokasi sepanjang area kuliner. Di sana, wisatawan terutama dari kalangan muda biasa berkumpul bersama menikmati suasana pantai. Beberapa cafe memberikan penampilan khusus dari para musisi yang menambah antusiasme wisatawan.

Fasilitas di kawasan pantai seruni sudah cukup lengkap, seperti adanya masjid, toilet umum, serta berbagai fasilitas lainnya. Sepanjang kawasan pantai, petugas Satpol PP berpatroli menjaga keamanan dan ketertiban area pantai. 

Lokasi Wisata Pantai Seruni berada di Jalan Seruni, Pallantikang, Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar 120 kilometer arah ke selatan dari pusat Kota Makassar.


#ek

Sebelumnya
Selanjutnya