Jumat, 07 Januari 2022

Anggota Komisi D DPRD Kota Makassar Minta Prokes di Perketat Cegah Penyebaran Covid


MAKASSAR, KNEWS
- Anggota Komisi D Bidang Kesejahteraan Rakyat DPRD Kota Makassar, Saharuddin Said menilai protokol di masyarakat sudah kembali melonggar. Hal ini dilihat dari kebiasaan masyarakat yang sudah kembali berkerumun.

Saharuddin mengkhawatirkan penyebaran varian baru Omicron di Makassar berpotensi jika warga tidak tetap menerapkan Prokes.

“Dia lihat tidak ada kasus, sekarang masih enteng dan belum terlalu khawatir tetapi semua itu harus ada pencegahan,” ucapnya, Jum’at (7/1/2022).

Menurutnya, pemerintah kota harus menggencarkan sosialisasi untuk mengingatkan masyarakat soal protokol kesehatan. Apalagi dengan adanya varian baru ini.

“Tetap harus diberlakukan, jangan terlalu berkerumun, melepas masker karena itu sudah jadi new normal. Kita tetap harus patuh protokol kesehatan kalau mau selamat,” terangnya.

Sementara itu, Epidemiologi Unhas Ansariadi menilai kehadiran varian Omicron di Kota Makassar cepat atau lambat akan tiba. Hal itu mengingat mobilitas penduduk antardaerah yang tak bisa dicegah. Bahkan ada kemungkinan varian tersebut sudah masuk ke Makassar.

“Boleh jadi sudah ada juga di Makassar hanya karena belum diperiksa sehingga tidak ditemukan,” ujarnya.

Menurutnya, tak ada perbedaan pencegahan omicron dengan varian sebelumnya, sehingga mitigasi dianggap tidak begitu sulit.

“Seperti tetap melakukan vaksinasi, penggunaan masker dan tetap jaga jarak tetap disiplin,” katanya.

Sebelumnya dirinya juga mendesak agar vaksinasi Covid-19 dimasifkan utamanya bagi kalangn rentan dan lanjut usia.

“Kalau sudah tinggi pada orang tua maka tidak ada masalah. Karena mereka yang sangat rentan,” urainya.

(Asrul)

Sebelumnya
Selanjutnya