Rabu, 02 Februari 2022

Awal Tahun 2022, MTs Yayasan Arifah Gowa Gelar Kemah Bakti Lingkungan


GOWA, KNEWS - MTs Arifah Gowa menggelar Kemah Bakti Lingkungan yang berlokasi di Bumi Perkemahan Moncong Sipolong Camp Desa Bissoloro Kec. Bungaya. 

Kegiatan Kemah Bakti ini diikuti oleh 86 siswa kelas IX MTs Arifah Gowa dan dilaksanakan selama tiga hari yakni pada tanggal 29-31 Januari 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk realisasi Program Gugus Depan Pramuka MTs Arifah Gowa Tahun Pelajaran 2022. Selain itu, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk melatih kemandirian, kepekaan sosial dan cinta lingkungan.

Tujuan lain dari kegiatan ini diantaranya adalah sebagai bentuk nyata pengabdian anggota Pramuka  MTs Arifah Gowa kepada masyarakat dan kepedulian terhadap lingkungan, meningkatkan semangat kerja sama antar anggota Pramuka, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang sosial dan kepramukaan serta meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, life skill, ketangguhan. 

Berbagai acara dalam kegiatan perkemahan ini dilaksanakan dengan penuh antusias oleh semua peserta, seperti pendirian tenda, upacara pembukaan, aneka lomba edukatif, materi Keagamaan, materi Kepramukaan, olahraga, dan hiking

Selain itu, kegiatan utama diisi dengan bakti sosial bersama Kepala Desa Bissoloro beserta seluruh jajaran Pemerintah setempat yang menelusuri pelosok-pelosok Desa dan ditutup dengan Penanaman bibit pohon sebagai bentuk Gerakan peduli lingkungan Pramuka Mts Arifah Gowa.

Direktur Yayasan Arifah Gowa sekaligus Ketua Mabigus Gerakan Pramuka, H. Muh Nurdin menyampaikan bahwa Kemah Bakti ini bertujuan membentuk karakter siswa dengan banyak berlatih disiplin, bertanggung jawab dan menumbuhkan kepekaan sosial serta kesetiakawanan dan melatih diri hidup berpisah dengan orang tua agar bisa melatih jiwa kemandirian.

“Dengan ditanamkannya kerakter displin, mandiri dan bertanggung jawab tersebut semoga menjadi generasi yang bisa menghadapi segala tantangan. Siswa memiliki pengalaman belajar lebih bermakna dengan berinteraksi langsung dengan alam terbuka. Setiap peserta Kemah Bakti harus senantiasa mencintai lingkungan dan selalu menjaga serta melestarikan alam," ujarnya, Selasa (1/2/2022).

Kepala Madrasah Tsanawiyah Arifah Gowa, Hj. St. Satiah menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini siswa MTs Arifah Gowa akan mendapatkan proses pembelajaran non formal, serta berbagai ucapan terima kasih kepada beberapa pihak yang ikut terlibat.

"Dengan Kemah Bakti Lingkungan maka siswa - siswa akan mendapatkan proses pembelajaran non formal yang sangat berharga yang tidak didapatkan dibangku belajar. Kegiatan ini juga memupuk rasa kebersamaan, kerjasama serta persatuan. Diharapkan kepada seluruh peserta agar Dasa Darma Dan Tri Satya betul-betul bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kegiatan Kemah Bakti Lingkungan juga dilaksanakan kerja bakti social seperti pembersihan serta penanaman beberapa pohon disekitar lokasi kegiatan," katanya.

Kepala Madrasah Tsanawiyah Arifah Gowa juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan tersebut.

"Ucapan terima kasih kepada Bapak Kepala Desa Bissoloro beserta jajaran, Bapak Babinsa Desa Bissoloro serta seluruh Kakak Pembina dan Guru-guru yang terlibat langsung dalam kegiatan ini," tambahnya.

Di sela-sela kesibukannya, di temui Para pembina yang memberikan apresiasi bagi seluruh adik-adik Pramuka yang sedang mengikuti kegiatan perkemahan ini dan menyampaikan target kegiatan perkemahan ini yaitu agar peserta Kemah Bakti Lingkungan Hidup mampu menjadi generasi penerus bangsa yang disiplin, mandiri, tanggung jawab dan berakhlak mulia. Selain itu juga untuk meningkatkan kemandirian, kebersamaan, toleransi, kepekaan sosial dan cinta lingkungan.

“Setiap insan Pramuka harus mampu terjun kesemua lapisan dan kalangan masyarakat untuk berbuat lebih baik, menjadi generasi muda yang kreatif, inovatif serta inspiratif sesuai dengan perkembangan jaman. Kegiatan ini tentunya juga sebagai wadah dan sarana perekat antar anggota Pramuka Mts Arifah Gowa," tegas Kakak pembina.

Sementara itu, salah satu Peserta perkemahan, Faid Muzadik mengaku kegiatan ini sangat menyenangkan dan bermanfaat bagi siswa.

“Kegiatan perkemahan ini memberikan pengalaman nyata untuk bisa hidup mandiri, saling bekerjasama dan berbagi saat keadaan teman lain membutuhkan, peduli terhadap lingkungan sekitar, peduli untuk melestarikan budaya daerah, dan saling menghargai serta disiplin terhadap waktu," ujar Faid Muzadik.

Sukmayana Wardani

Sebelumnya
Selanjutnya