Minggu, 30 Juli 2023

Hadirkan Ustaz Arsyad, Pengurus Masjid Uswatun Hasanah Laksanakan Pengajian Subuh Rutin


SOPPENG, KNEWS – Ada yang istimewa di Majelis Pengajian Subuh yang bertempat di Masjid Uswatun Hasanah ‘Aisyiyah Jln. Salotungo, Bila, Lalabata Sabtu (29/7/23), karena dihadiri langsung oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Soppeng, Ustaz Muh Arsyad Makmur.

Zulfikar sebagai Pengurus Masjid menyampaikan bahwa pengajian subuh rutin ini alhamdulillah kami gelar satu kali dua pekan.

“Khusus pengajian kali ini kami sebagai pengurus masjid mengangkat tema Tafsir Surat Al Fatihah yang dibawakan langsung oleh Ust. Muh Arsyad Makmur, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Soppeng,” ungkapnya.

Dalam tausiahnya Ustaz Arsyad menyampaikan bahwa surat Al-Fatihah merupakan inti dari semua isi Al-Quran. Sedangkan Al-Quran adalah petunjuk hidup, baik yang jelas maupun samar yang berhubungan dengan Allah sebagai pembawa kabar bahagia.

“Al-Fatihah juga merupakan surat pembuka pada Al-Quran. Surat ini merupakan surat pertama yang mengawali Al Qur'an. Al-Fatihah berisi pujian dan doa pada Allah SWT. Al-Fatihah juga memiliki makna permohonan atau doa dari manusia,” pungkasnya.

Asbabun nuzul Surat Al-Fatihah perlu dipahami muslim sebagai surat yang paling sering dibaca. Dalam bahasa Arab, Al Fatihah artinya adalah pembukaan. Al Fatihah disebut pembukaan karena Al-Qur'an dibuka dengan surat ini.

“Semoga apa yang telah disampaikan tadi dapat memberikan ilmu dan manfaat untuk perbaikan diri, sekaligus dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Aamiin aamiin yra,” harapnya.

Akbar Aba

Sebelumnya
Selanjutnya