Senin, 19 Oktober 2020

Peringatan Haornas Di Masa Pandemi Covid-19 : Jadikan Olahraga Sebagai Gaya Hidup dan Karakter Bangsa


OPINI, KNEWS - Di Tengah Pandemi Covid-19 yang terus meluluh lantahkan perabadaban Manusia, bahkan virus corona yang tidak kasat mata ini membuat warga di berbagai belahan dunia pun dilanda ketakutan sejak awal mewabahnya pada akhir desember 2019 disebuah pasar tradisional di Kota Wuhan. Segala Aspek nyaris lumpuh bahkan agenda-agenda ibadahpun disetop misalnya saja pelaksanaan ibadah haji. 

Beberapa hajatan besar pun di tunda karena virus ini diantaranya PON Papua, Oliampiade Tokyo dan beberapa agenda keolahragaan yang lain. 

Namun Semangat dan motivasi kita tidak pernah kendor untuk terus melakukan inovasi dan kreativitas. Salah satu contohnya adalah peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) Tahun 2020. Meski peringatan HAORNAS Tahun 2020 dilaksanakan mengikuti aturan protocol Covid-19 dan dilakukan secara Virtual namun tidak mengurangi esensi daripada peringatan Haornas itu sendiri. 
Peringatan Haornas pertama kali di peringati tanggal 9 september 1983 sejak Abdul Gafur menjabat sebagai Menpora pada saa titu. Salah Satu tujuan utama peringatan haornas adalah sebagai pembentuk karakter dan budi pekerti bangsa. 

Peringatan tahun ini, Kemenpora mengusung tiga tema sekaligus meliputi Sports Science, Sports Tourism dan Sports Industry.

Untuk mencapai tema yang diusung masyarakat Indonesia dimanapun berada berkomitmen bersama untuk memacu prestasi olahraga dan meningkatkan kebugaran masyarakat, berkomitmen mengembangkan  dan mendukung kegiatan kepariwisataan serta berkomitmen bagaimana mensosialisasikan event-event olahraga sebagai bagian dari Sport Industry.

POLA HIDUP SEHAT DAN NILAI KARAKTER

Kesehatan tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia, karena kesehatan merupakan keadaan yang paling penting dalam menjalankan berbagai aktivitas. Tanpa kesehatan manusia akan mengalami hambatan dan mengalami penurunan kondisi fisik. Kesehatan adalah keadaan seimbang yang dinamis, dipengaruhi faktor genetik, lingkungan dan pola hidup sehari-hari seperti makan, minum, seks, kerja, istirahat, hingga pengelolaan kehidupan emosional. 

Ada empat faktor terpenting yang harus diperhatikan dalam kaitannya dengan kesehatan yaitu 1) makanan sehat,2) perbanyak minum air putih, 3) tidur cukup, 4).Serta Selalu Aktif

Olahraga merupakan gerakan olah tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Olahraga membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak. Otot-otot menjadi terlatih, sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh menjadi optimal. 

Tubuh akan terasa segar dan otak sebagai pusat saraf pun akan bekerja menjadi lebih baik. Selanjutnya manfaaat berolahraga lainnya dapat menguatkan struktur tulang, menyehatkan organ tubuh khususnya organ jantung, mampu menurunkan tingkat stress.

Semangat haornas selalu mengingatkan kita semua untuk selalu berolahraga secara rutin dan teratur dimanapun dan kapan pun. Menjaga tubuh tetap dalam kondisi yang baik ditengah pandemic covid-19 dengan tetap memperhatikan pola hidup sehat dan tetap aktif berolahraga  sesuai dengan protocol kesehatan misalnya saja jalan cepat, jogging, senam, berenang dan bersepeda. 

Olahraga bukan hanya mengandung manfaat dalam tubuh, tetapi juga menumbuh kembangkan nilai nilai luhur yang sangat bermanfaat dalam kehidupan. Secara fungsional olahraga berperan atau berfungsi menyehatkan tubuh, sementara pada dimensi sosial olahraga berperan dalam menanamkan nilai nilai dan norma norma kehidupan yang patut diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis : Awaluddin (Mahasiswa Program Doktoral Pendidikan jasmani universitas Negeri Jakarta)

*Tulisan tanggungjawab penuh penulis*

Sebelumnya
Selanjutnya