Selasa, 24 November 2020

IKA - BEM FKIK Unismuh Latih Bantuan Hidup Dasar di Desa Binaan


GOWA, KNEWS - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) bersama Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar menggelar Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) Humanis Bina Desa, di Desa Borongpalala, Kecamatan Pattalassang, Gowa, Selasa (24/11/2020).

Ketua BEM FKIK Unismuh Imam Legistiawan menyampaikan bahwa, peserta dalam kegiatan kolaborasi BEM dan IKA FK Unismuh ialah masyarakat desa serta segenap perangkat desa dan secara khusus warga yang tergabung dalam kelompok kader kesehatan desa.

"Ini dalam rangka kelanjutan program pembinaan desa kami yang telah sebelumnya dilakukan," ucap Imam Legistiawan.

Lanjutnya, Imam Legistiawan menjelaskan bahwa, dimensi pergerakan mahasiswa kedokteran ialah salah satunya dimensi pengabdian masyarakat.

"Ditengah kondisi pandemi saat ini, cara untuk tetap survive hanya dengan membumikan budaya gotong-royong dalam lingkup organisasi dan masyarakat dengan melakukan kerja sama baik," tuturnya.

Terpisa disampaikan, Andi Ardiatma Anwar selaku pembicara dalam program pelatihan bantuan hidup dasar atau humanis bina desa ini membawakan materi tentang Resusitasi Jantung Paru (RJP) atau pertolongan pertama pada orang yang henti nafas / jantung.

Ketua IKA FK Unismuh ini juga menuturkan bahwa kegiatan seperti ini harus dilakukan secara massif dan berkelanjutan di seluruh daerah di Indonesia.

"Karena pemahaman akan keterampilan ini (bantuan hidup dasar) sangat dibutuhkan dalam mengahadapi pertolongan pertama untuk menyelamatkan seseorang dari maut," tuturnya.

Ia pula turut menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa kedokteran yang senantiasa melakukan proses pembinaan disetiap desa-desa.

(Akbar)

Sebelumnya
Selanjutnya